Wednesday, March 11, 2015

4 FAKTA MENARIK GEDUNG MERDEKA BANDUNG

Tahukah Anda bahwa gedung ini adalah saksi sejarah bersatunya dua benua dalam mendeklarasikan dirinya sebagai bangsa-bangsa yang merdeka. Tanggal 18-29 April 1955 terjadi peristiwa bersejarah di gedung ini dimana 29 negara di belahan benua Asia dan Afrika berkumpul mengadakan konferensi dan menyatukan suara untuk menentang penjajahan.


Konferensi tersebut ternyata menambah semangat moral bagi para pejuang kemerdekaan  di berbagai belahan dunia.

Berikut ini 4 Fakta menarik dari Gedung Merdeka Bandung

1. SEMULA BERFUNGSI SEBAGAI TEMPAT SOSIALITA
Gedung Merdeka, Karya arsitektur yang tak lekang oleh waktu dan sarat makna. Terletak di Jalan Asia-Afrika, Bandung. Berdiri pada tahun 1895 awalnya berfungsi sebagai tempat  berkumpulnya orang-orang belanda yang bermukim di Bandung, juga berfungsi sebagai ruang dansa, restaurant, ruang pertunjukan, dan tempat kesenian.

2. MENGALAMI PERUBAHAN NAMA DAN BENTUK SESUAI JAMANNYA
Pada masa pendudukan Jepang, gedung itu berganti nama menjadi Dai Toa Kaikan dan digunakan sebagai pusat kebudayaan. Menjelang Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, gedung itu mengalami perbaikan dan diubah namanya oleh Presiden Republik Indonesia, Soekarno, menjadi Gedung Merdeka.

3. GEDUNG YANG MENJADI SAKSI BISU SEJARAH PERDAMAIAN DUNIA
Tempat yang mampu menyatukan dua benua, tempat mereka mendeklarasikan dirinya sebagai bangsa-bangsa yang merdeka. Sehingga mereka mulai disegani di dunia. Disinilah cikal-bakal negara  memperlihatkan bahwa mereka adalah negara-negara yang perlu didengarkan suaranya di dunia.

4.MENJADI SUMBER INSPIRASI TIAP GENERASI
Gedung ini begitu indah. Baik dari segi visual maupun latar belakang sejarahnya. Menjadi sumber cerita sejarah Bandung yang tak pernah mati. Menyimpan kenangan bangsa belanda di masa lalu, hiruk pikuk di masa penjajahan dan menjadi inspirasi generasi muda masa kini dalam memahami arti kemerdekaan  yang sesungguhnya
www.jacktour.com
(gambar dari beberapa sumber)

7 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...