Thursday, May 31, 2012

Rumah Sakit Mata Cicendo

Rumah Sakit ini merupakan Rumah Sakit di Bandung yang khusus untuk menangani para pasien yang mengalami gangguan atau penyakit pada matanya. RSM Cicendo ini telah bekerjasama bersama Singapore National Eye Centre (SNEC) dalam bidang penelitian, pelatihan dan pertukaran pengalaman klinis terkait dengan perkembangan jenis-jenis penyakit dan cara penanggulangannya.

Rumah Sakit Mata Cicendo atau biasa Penduduk Bandung menyingkatnya menjadi RSMC merupakan rumah sakit yang letaknya cukup strategis karena terletak di sebelah Gedung Pakuan yang tak jauh dari Stasiun Kereta Api (Train Station Bandung) juga dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Sedikit sejarah singkat mengenai RS Cicendo, dulunya Rumah Sakit ini belum di khususkan hanya untuk mata, tetapi merupakan Rumah Sakit Umum sebagai pengganti dari Rumah Sakit Umum Rancabadak yang sekitar tahun 1942 – 1945 pada masa Jepang dulu, Rumah Sakit tersebut merupakan Rumah Sakit milik kemiliteran. Barulah pada tahun 1980 an menjadi Rumah Sakit Mata Cicendo yang pada masa itu penulisannya masih memakai ejaan lama yaitu Tjitjendo.

Rumah Sakit Mata ini diberi nama Cicendo karena diambil dari nama tempat ini sendiri yang berlokasi di Jl. Cicendo No. 4 Bandung. Rumah Sakit ini merupakan satu - satunya Rumah Sakit Mata yang dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia dan berada di bawah Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

RSM Cicendo di sah kan secara resmi pada tanggal 3 Januari 1909 oleh Gubernur Jenderal J. B. Van Heutz. Luas Lahan Rumah Sakit Cicendo mencapai 11.400 m² dengan Luas Bangunan nya 13.832,9 m².

Fasilitas Medis yang terdapat di Rumah Sakit ini diantaranya adalah :

  • Instalasi Lasik dan Laser Terapi
    Lasik Center Cicendo, memiliki ruangan serta studio lasik yang representatif dan modern. Dengan ditunjang oleh peralatan Mesin Lasik serta peralatan Laser terapi (Argon dan Yag) yang mutakhir.

  • Instalasi Elektro - Diagnostik dan Radiologi
    Memiliki alat dari pemeriksaan sederhana mata sampai dengan alat canggih yang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang paling mutakhir.

  • Instalasi Farmasi
    Melakukan pelayanan Apotek Khusus Mata yang buka selama 24 jam.

  • Instalasi Patologi Klinik (Laboratorium)
    Melakukan pemeriksaan untuk menunjang keakuratan diagnosa penyakit mata selama 24 jam selain pemeriksaan laboratorium umum lainnya.

  • Instalasi Optik
    Melayani pemeriksaan dan penyediaan kacamata dan lensa kontak.

  • Poliklinik Paviliun
    Mempunyai 6 ruang pemeriksaan, dimana pasien dapat lebih nyaman dan dapat memilih dokter yang dikehendaki.

  • AMBULANS
    Untuk keperluan, kenyamanan serta keamanan pasien tersedia Ambulans yang representatif yang siap setiap saat selama 24 jam
.

Selain Fasilitas Medis ada pula fasilitas lain yang melengkapi pelayanan di RSM ini seperti tersedianya 104 kamar tidur bagi para pasien, juga ada Ruang Asrama bagi para penghuni RS, Aula dan berbagai fasilitas pada umumnya seperti kantin, masjid, parkir area, dll.

3 comments:

  1. "LOWONGAN KERJA"
    PT.KAO INDONESIA : Bth Staf Adm/Oprt Produksi/PPIC/Accounting/IT/Logistik dan Finance. Pend: SMA,SMK,STM,D1,D3,S1 segala Jurusan. Segra Daftarkan diri Anda. Baca selengkapnya di: www.megakarir.tk atau www.kariertop.tk

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...