Saturday, May 7, 2011

Terminal Leuwipanjang

Terminal Leuwipanjang dibangun pada tahun 1994, beropersai sejak tahun 1996 dan berdiri dilahan 4 ha. Merupakan salah satu terminal yang ada di Kota Bandung. Akses menuju Leuwih Panjang sangat mudah dan gampang karena pintu atau gerbang utama berada di jalan Soekarno Hatta No. 225 Bandung. yang merupak jalan terkenal yang ada di Bandung. Terminal Leuwi Panjang tepat berada di pusat Kota Bandung. Tak hanya Bus yang sering singgah disini tapi berbagai jenis kendaraan seperti angkot, mini bus dan taksi pun sering ngetem ( singgah ) untuk mencari penumpang.

Macam-macam trayek AKDP (Angkutan Antar Kota Dalam Provinsi) ada di Termianl Leuwi panjang ini. Trayek dari wilayah JABODETABEK ( Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi ), Merak, Serang, Indramayu, Sukabumi, dan Cianjur. Selain itu Terminal Leuwi Panjang melayani penumpang sekitar daerah Bandung meliputi Batujajar, Cililin dan Ciwidey. Serta trayek DAMRI ( Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) dari Terminal Leuwih Panjang ke Dago, Ledeng, dan Cicaheum. Trayek Bandung Sumatra pun disediakan disini, tpi pada saat ini hanya tinggal loketnya saja, sedangkan Busnya sendiri tak terlihat disekitar terminal.

Fasilitas yang tersedia di Terminal Leuwi Panjang antara lain Musollah, Toilet, Lahan Parkir yang lumayan luas biasanya bagi penumpang yang hanya pergi dari bandung pagi hari dan sampai lagi ke Bandung malam hari, mereka bisa menitipkan kendaraan mereka kepada petugas yang berjaga di Terminal, Halte atau tempat untuk penumpang menunggu Bus yang akan digunakan yang langsung mengarah ke arah bus, dan satu lagi hal yang paling pentinga adalah berderetannya tempat untuk membeli oleh-oleh buat sanak sodara seperti Brownies Amanda, KartikaSari, Peuyeum Bandung. Banyak tempat makan yang yang mengeyangkan perut setelah datang ataupun pergi dari Kota Bandung,.

Dari Terminal juga kita bisa berkunjung ke Cibaduyut yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 5 menit disini kita bisa menemukan bergbagai barang seperti sepatu, tas, dan dompet dari bahan kulit yang murah meriah kualitas terjamin. Beberapa lokasi menarik seperti Museum Sri Baduga Bandung, Monumen Bandung Lautan Api, Alun Alun Bandung, Masjid Raya juga bisa dikunjungi dan merupak salah satu alternatif liburan sambil belajar.. ^_^

Foto: Tempo Interaktif

4 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...