Saturday, May 14, 2011

Museum di Bandung

Lagi-lagi Kota Bandung,. ^_^. kali ini kita berbicara kota Bandung dari tempat yang menyimpan barang-barang sejarah yaitu Museum. Museum di Bandung sangat beragam mulai dari bentuk bangunan dan isi sari Museum itu sendiri, dan Musiem bisa dijadikan Wisata Pendidikan. Museum yang ada di Kota Bandung antara lain:


  • Museum Barli
    Berada di Jl. Prof. Ir. Sutami 91, Bandung – 40152. Yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (MENPARPOSTEL) pada tanggal 26 Oktober 1992. Museum Barli Memamerkan karya-karya seni rupa kontemporer dan memamerkan karya-karya lukisan dari beberapa pelukis dan seniman terkenal termasuk dari Barli sendiri.

  • Museum Geologi Bandung
    Berada di Jl. Dipenogoro No. 57 40122. didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

  • Museum Konferensi Asia Afrika
    Berada di Jl. Asia Afrika No. 65 40401, tepatnya di Bandung Gedung Merdeka, Indonesia, adalah bersejarah gedung yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955. Kini gedung ini digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama yang pernah digelar disini tahun 1955. Di gedung ini tersimpan peralatan dan replika yang berhungan dengan Konferensi Asia Afrika. Dan Museum Konferensi Asia Afrika merupakan Tempat Bersejarah di Bandung.

  • Museum POS INDONESIA
    Jl. BKR No. 185 Bandung 40243. Koleksi Museum Pos Indonesia tidak semata-mata haya di benda-benda pos dan telekomunikasi saja, melaikan memamerkan buku-buku, peralatan pos, visualisasi dan diorama kegiatan pengeposan. Keistimewaan dari Museum Pos Indonesia yaitu sekitar 50 ribulembar pernagko dari 178 negara dari tahun 1933 sampai sekarang. Perangko pun diletakkan didalam lemari kaca yang disebut vitrin.salah satu barang Pos yang disimpan adalah Prangko dari berbagai Negera, yang jika di uangkan bisa mencapai millyaran

  • Museum Sri Baduga Bandung
    Berada di Jl. Cilaki No. 73 40115. yang mulai didirikan pada tahun 1974 dengan memanfaatkan bangunan lama bekas Kawedanan Tegallega,yang kemudian diresmikan pada tanggal 5 Juni 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu, Daoed Joesoef. Yang isi dari museum ini tentang benda-benda alam dan benda sejarah khususny sejarah Sunda . sampai sekarang telah mengumpulkan sejumlah 5893 buah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...