Monday, April 11, 2011

Taman Dewi Sartika

Taman Dewi sartika adalah bagian dari Taman Balai Kota Bandung yang memiliki sejarah panjang di Bandung, sebagai salah satu taman di Bandung, taman ini merupakan taman tertua di Kota Bandung. Taman ini sengaja di Bangun untuk mengenang jasa pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari kota ini.

Taman Dewi Sartika memiliki sejarah yang cukup panjang, sehingga menjadi taman dengan nama pahlawan nasional wanitu itu. Awalnya taman ini dibangun pada tahun 1885, untuk mengenang Asisten Residen Priangan, Pieter Sijthoff, yang dianggap berjasa besar bagi perkembangan Kota Bandung pada masanya. Taman ini dirancang oleh R. Teuscher, seorang pakar tanaman (botanikus) yang bertempat tingal di pojok Tamblongweg dan Naripanweg.

Pada masa tersebut, Kanal taman dengan jembatan penyebrangan artistik yang terbuat dari besi dibangun mengelilingi taman. Berbagai jenis pohon pelindung, pohon hias, tanaman hias, dan bunga-bungaan ditanami di dalam taman. Sebuah taman yang sederhana, namun mempesona. Taman tersebut disebut dengan nama Pieter Sijthoffpark.

Karena pada masa itu diseberang timur taman ini Pieter Sijthoff Park Kweekschool voor Inlandsche Order wijzern, sering disebut Sekola Radja, maka nama taman ini pun berubah menjadi Kebon Rada. Pada tahun 1950-an nama taman tersebut diubah menjadi Taman Merdeka. Kemudian pada saat penempatan Monumen Dewi Sartika pada tanggal 4 Desember 1996, Taman ini pun akhirnya berubah nama menjadi Taman Dewi Sartika.

18 comments:

  1. This blog is so nice to me. I will continue to come here again and again. Visit my link as well. Good luck
    obat aborsi
    cara menggugurkan kandungan
    obat telat datang bulan
    obat penggugur kandungan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...