Wednesday, April 6, 2011

Peuyeum Bandung

Bandung merupakan kota yang kaya dengan keanekaragaman makanannya. Dan salah satunya adalah Peuyeum Bandung. Peuyeum merupakan makanan khas dari kota bandung. Seperti diketahui, Bandung adalah daerah yang di kelilingi oleh gunung sehingga cuacanya pun menjadi dingin,selain itu bandung pada zaman dulu banyak terdapat pohon singkong maka orang-orang zaman dahulu memanfaatkannya menjadi peuyeum. Peuyeum dibuat untuk menghangatkan badan warga bandung.

Peuyeum terbuat dari singkong dan ada juga yang terbuat dari beras ketan yang di fermentasikan. Meskipun saat ini jarang ditemukan orang yang berjualan peunyeum keliling, tapi masih bisa kita beli d tempat-tempat tertentu seperti tempat penjualan oleh-oleh atau toko makanan yang khusus menjual peuyeum dan sepanjang jalan yang menuju Bandung.

Namun sayang peuyeum bandung saat ini sudah kalah pamor dengan makan yang lebih modern, maka Peuyeum Bandung juga di kombinasi dengan pewarnaan peuyeum bandung seperti warna hijau, kuning, coklat, dll. Selain pewarnaan dari peuyeum sendiri, peuyeum juga dapat buat dengan bergai rasa. Pewarnaan peuyeum dilakukan agar dapat merik konsumen dan bahan yang digunakan tentu tidak membahayakan kesehatan komsumen Peuyeum Bandung, Dengan di bakar atau panggang tidak kalah nikmatanya.

Peuyeum Bandung dapat dijadikan sebagai bahan dasar dari suatu makanan, misalnya bronis peuyeum, selain rasa yang original, peuyeum juga dapat di kombinasi makan yang modern seperti keju bisa di dapat di Jl. Kihiur no. 44, Bandung (belakang SD Priangan - Jl. Cilaki bawah) atau Putri Snack (Jl. Cihampelas), Sam's Strawberry Corner - Dago, Karya Umbi - Cihampelas, dan S-28 (Jl. Sulanjana).

Peuyeum bandung akhir-akhir ini semakin memanjakan penikmatnya. Jadi bila anda sedang mengunjungi Bandung jangan lupan dengan Peuyeum Bandung.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...