Friday, April 8, 2011

Penduduk Bandung

Jumlah penduduk Kota Bandung saat ini 2.393.633 jiwa (dan sekitar 7 juta lebih dengan daerah dipinggiran kota Bandung). Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, Bandung merupakan kota berpenduduk terpadat di Jawa Barat. Tingkat kepadatan penduduk Kota Bandung mencapai 14.228 orang per kilo meter persegi. Bahkan di salah satu daerahnya, yaitu Cicadas, Cicadas sempat disebut sebagai daerah terpadat di Dunia ditahun 1990an.

Penduduk Bandung asli berasal dari etnis sunda. Tidak semua penduduk Bandung berasal dari suku Sunda, ini didukung karena Bandung merupakan kota Pendidikan, kota belanja dan tujuan wisata. Sehingga banyak pendatang yang ingin memanfaatkan dan menikmati pesona kota Bandung. Akibatnya penambahan penduduk Bandung setiap tahun jauh meningkat.

Penduduk Bandung yang berasal dari berbagai macam suku pendatang, baik dari dalam dan luar negeri, membuat Penduduk Bandung sangat Kreatif. Menurut salah satu Koran di Indonesia yaitu kompas pada tanggal 27 Mai 2008 Bandung di nobatkan sebagai Bandung Kota Kreatif di Asia Pasifik. Hmm.. Keren ya. Mungkin juga di tunjang oleh salah satu sikap dan perilaku dari penduduk bandung yang menghargai seni dan budaya. Jadi sebuah kreasi akan di hargai karena merupakan salah satu perwujudan dari sebuah seni. Karena itu kota ini, juga dikenal sebagai Bandung Kota Seniman.

Selain itu Penduduk Bandung mempunyai mata pencaharian berdagang, bertani dan menjadi pegawai. Banyak dagangan yang di tawarkan berupa sesuatu yang khas atau asli dari Sunda di sentral penjualan oleh oleh Bandung seperti Dodol, kripik tempe, dan peuyem. Selain menawarkan oleh oleh Bandung, mereka juga menjual berbagai jenis pakaian. Ini dapat dilihat dengan bayaknya Factory Outlet Bandung yang bermunculan dan Pasar Baru Bandung yang kini menjadi daya tarik tersendiri untuk belanja Grosiran. Selain itu karena banyaknya jajanan pasar khas Kota Bandung yang di buat oleh penduduk Bandung tak salah jika menjadi Bandung Kota Kuliner.

Penduduk Bandung yang bertani tak hanya bertani di sawah, tapi juga banyak memiliki perkebunan, hal ini pengaruhi oleh iklim Bandung. Salah satunya Perkebunan teh Bandung yang berada di daerah Utara Bandung dan Selatan Bandung.

Penduduk Bandung juga terkenal akan kecatikan dan ketampanan para mojang dan jajaka-nya (panggilan untuk para gadis dan jejaka). Selain itu mereka juga terkenal karena keramahan, sopan dan santun dalam bertutur kata. Keramahan ini yang membuat pendatang atau pengunjung merasa nyaman dan betah untuk berada di Bandung. Sikap yang santun dan terbuka penduduk bandung, membuat kota ini terasa sangat damai, dan menjadi kota tujuan untuk liburan.

Jika anda ingin mengenal lebih jauh tentang Bandung, berikut dengan keuinikan-keunikan yang ada di sana, anda dapat milihat di halaman khusus kami tentang Bandung.

8 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...