Sunday, April 17, 2011

Monumen Perjuangan Jawa Barat

Monumen Perjuangan Jawa Barat merupakan salah satu bangunan yang memiliki arti penting bagi Jawa Barat. Mengingat Monumen ini dibangun pencatat sejarah perjuangan masyarakat Jawa Barat. Berkunjung ke tempat ini sangat mengasikkan terutama dengan bangunannya yang megah, apalagi jika anda berkunjung pada minggu pagi, daerah ini merupakan daerah pusat keramaian masyarakat Bandung, terutama dengan kegiatan spontan masyarakat di Gasibu Sunday Morning.

Lihatlah, bangunan monumen ini begitu indah ketika di pandang.


Monumen Perjuangan Jawa Barat dibangun pada tahun 1995, dan berdiri di atas lahan seluas 72.040 m2, dengan luas bangunan seluas 2143 M2. Menariknya, pada dinding sebelah utara terdapat relief berbagai peristiwa sejarah perjuangan rakyat.


Relief ini menceritakan peristiwa sejarah yang dimulai sejak masa Kerajaan Sunda, masa kolonial, Sumpah Pemuda, Perjanjian Linggarjati 1946, Pembrontakan DII/TII, Long March Devisi Siliwangi, Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat, yaitu: Bubarkan PKI, Bersihkan Kabinet, Turunkan Harga), Konferensi Asia-Afrika mencetuskan Dasa Sila Bandung.

Bangunan ini berdiri dengan gagah menghadap tepat ke Gedung Sate, dan terletak di sebelah utara Gedung Sate Bandung. Jika kita berada di plaza monumen tersebut, secara garis lurus, kita dapat melihat dengan jelas bangunan Gedung Sate. Antara monumen dan Gedung sate, terdapat Taman Kota, Jl. Surapati, Lapangan Gasibu, dan Jl. Diponegoro.

Lokasi monumen ini pun berdampingan dengan Universitas Pajajaran, sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Bandung.



Di Bawah monumen terdapat ruangan yang dialokasikan sebagai musium. Sedangkan di belakang monumen terdapat berbagai pondok seniman yang menunjukkan berbagai kebolehannya. Seperti diketahui, Bandung merupakan kota seniman, yang terkenal dengan dengar orang-orang kreatifnya.

Pada saat-saat tertentu, aktifitas yang dilakukan pada monumen ini pun cukup banyak. mengingat lapangan yang ada juga cukup luas. Kadang digunakan sebagai tempat untuk pagelaran musik oleh berbagai stasiun televisi, pameran, dan kegiatan lainnya. Sedangkan pada saat pagi dan sore, selain digunakan sebagai tempat untuk berolah raga ringan, pada minggu pagi khususnya, banyak digunakan sebagai tempat berdagang barang-barang murah yang dikenal dengan Gasebu Sunday morning market.

Selain menikmati berbagai tempat shopping di Bandung, tidak ada salahnya salah satu monumen di Bandung ini juga dikunjungi, apalagi Monumen Perjuangan Jawa Barat boleh dikatakan iconnya Bandung.. :)

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...