Sunday, April 17, 2011

Gudeg Bandung

Makanan satu ini meski jadul tapi banyak sekali loh peminatnya. yaitu Gudeg, makanan yang berbahan dasar Nangka muda ini sangat enak sekali rasa nya jika sudah di di padu padan kan dengan bumbu rempah – rempah khas Indonesia pula. Dan cara penyajian nya yang di satukan dengan sayur krecek itu loh sayur yang berbahan dasar kulit sapi di campur ati ampela dan cabe yang berkuah kan santan menambah kenikmatan ketika kita makan mmmh yummy...

Dan hebat nya Gudeg ini tahan lama sekitar I mingguan lama nya ya karna pengolahan pada saat memasak yang sangat lama membuat masakan jadi bertahan lama. Jogya sangat khas dengan Gudeg nya. Tapi jangan khawatir para pecinta Gudeg di Bandung. Sekarang sudah banyak juga resto atau lapak Gudeg di Bandung salah satu nya yaitu. Gudeg Banda, dan Gudeg Jogja Sultan Agung.

Gudeg Banda mula nya di tahun 78 – an. Mreka berjualan di perempatan antara Jalan Martadinata dan Jalan Banda sehingga pelanggan nya memanggil dengan sebutan Gudeg Banda. Pada awal nya mereka berjualan masih di pinggir jalan dengan menggunakan roda. Tapi karena dagangan nya yang sangat laku keras banyak sekali peminat nya maka mereka pun pindah lokasi ke Jalan Lombok 57 Bandung dan makin berkembang menjadi rumah makan yang sangat nyaman.

Gudeg Bandung yang ini pun ngga kalah enak nya dengan Gudeg Banda yaitu Gudeg Jogja Sultan Agung. Nama nya pun berasal dari lokasi nya yang berada di jalan Sultan Agung Tirtayasa Bandung. Disini tersedia menu gudeg telor, gudeg ayam, rendang, ati ampela, dan lain-lain. Harga gudeg telor sekitar Rp 7,000.- per porsi nya.

Seporsi Gudeg telor sudah termasuk nasi, gudeg, tahu, krecek, dan telor. Tapi yang harus di wspadai ialah Krecek nya yang maut banget deh! Karena ada ranjau alias cabe yang terselip diantara kulit dan ati ampela nya tapi selama kita ngga gigit cabe tersebut rasa nya tetap aman ko.

So selamat mencoba yah…

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...