Thursday, April 7, 2011

Goa Belanda

Goa Belanda adalah salah satu goa di Bandung yang ada di Taman Hutan Raya Juanda selain Goa Jepang. Bila anda berwisata ke Goa Belanda anda akan mendapati pintu besi di kedua ujung terowongan Goa Belanda. Goa Belanda letaknya tidak terlalu jauh dari Goa Jepang dan sama – sama menyimpan sejarah bagi Indonesia.

Goa Belanda adalah goa yang ukurannya lebih besar dan dibangun lebih dulu dari Goa Jepang, dibangun pada masa penjajahan Belanda, dulunya Goa Belanda dibangun untuk dijadikan terowongan PLTA – Bangkok tetapi pada saat Perang Dunia Ke-II Goa Belanda berubah fungsinya menjadi Pusat Stasiun Radio Telekomunikasi Militer Hindia Belanda dan setelah kemerdekaan dijadikan sebagai tempat gudang penyimpanan senjata dan gudang amunisi.

Di Goa Belanda terdapat sekitar 15 lorong dan beberapa ruangan seperti Ruang Kamar untuk tempat istirahat / tidur para Tentara Belanda, Ruang Interogasi untuk para tahanan, Penjara atau Ruang Tahanan. Terlihat di atap gua seperti bekas ada penerangan lampu dan terdapat pula seperti bekas rel roli semacam untuk pengangkutan barang atau sejenisnya. Juga dinding - dindingnya terlihat sudah pakai semen sepertinya Goa Belanda ini telah mengalami renovasi.

Walaupun harus berjalan kaki menuju Goa Belanda tetapi rasa lelah tidak terasa karena terobati dengan asrinya daerah ini, udara segar yang dihirup pun dapat menjernihkan pikiran yang biasanya penat dengan kehidupan sehari – hari, terdapat pula kera yang berjalan – jalan bebas di sekitar jalan menuju Goa Belanda..

Foto: thejakartapost

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...