Tuesday, March 29, 2011

Kebun Binatang Bandung

Awalnya Kebun Binatang Bandung ini dikenal sebagai taman botani. Taman ini diresmikan pada tahun 1923 untuk memperingati Jubileum Ratu Wilhelmina dari Belanda, sehingga diberinama Jubilueumpark. Prasasti Jubiluempark dibangun disudut segi tiga selatan taman. Prasasti ini masih dapat dilihat dibagian belakang kebun pembibitan tanaman hias hingga tahun 1950-an. Sekarang prasasti itu telah raib entah kemana.

Nama Jubileumpark diganti menjadi Taman Sari pada tahun 1950-an. Masyarakat sekarang hanya mengenal Taman Sari sebagai nama jalan, karena taman ini sudah dianggap bagian penuh dari kebun binatang. Lokasi kebun binatang Bandung ini sangat berdekatan dengan Taman Ganesha Bandung dan Institut Teknologi Bandung.
Selanjutnya Kebun Binatang Bandung yang dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda yang artinya kebun binatang) merupakkan penggabungan 2 kebun binatang yaitu dari Cimindi dan Dago atas yang dirancang oleh Dr. W. Treffer. Penggabungan ini dimaksudkan karena kedua tempat ini sudah tidak layak lagi untuk menyimpan berbagai binatang yang semakin lama semakin banyak. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland.

Hingga kini, Kebun binatang Bandung ternyata masih menjadi tempat favorit untuk mengisi liburan disetiap tahunnya. Ratusan masyarakat yang berkunjung didominasi mereka yang memang ingin mengisi liburan sekolah bersama keluarga. Bahkan tidak tanggung-tanggung mereka yang datang ternyata sampai luar Bandung. Seperti, daerah Garut, Tasikmalaya dan Cianjur. Ramainya pengunjung yang datang tampak sedang menikmati dan melihat tingkah laku binatang satu persatu yang ada didalam kandang binatang.

Tidak cuma itu, mereka juga terlihat asyik menikmati suasana alam kebun binatang dengan membentang tikar dibawah pepohonan yang memang rindang sambil makan dan minum bersama keluarganya

4 comments:

  1. Assalamu'alaikum, ada loker jurnalis ga di jack tour bandung ?????????? klw ada hub aku; 085222331690 Muhammad candra w (jurnalis)freelance........saya masih mahasiswa

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...