Tuesday, March 29, 2011

Braga Bandung

Braga adalah nama sebuah jalan utama di Bandung, Indonesia. Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda. Sampai saat ini nama jalan tersebut tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan obyek wisata kota Bandung. Secara historis Braga sudah mulai dikenal sejak jaman Hindia Belanda tahun 1920-an.

Pada awalnya Jalan Braga adalah sebuah jalan kecil di depan pemukiman yang cukup sunyi sehingga dinamakan Jalan Culik karena cukup rawan, namun pada akhirnya Jalan Braga menjadi ramai karena banyak pengusaha berkebangsaan Belanda mendirikan toko-toko, bar dan tempat hiburan di kawasan itu.

Sampai saat ini, Jalan Braga merupakan monumen penting Bandung. Bangunannya masih banyak yang dipelihara seperti aslinya sehingga wisata ke sini terlihat seperti wisata ke kota tua. Namun demikian pengaruh modernisasi sudah mulai terasa meski tidak menghilangkan keaslian bangunan masa lalu. Banyak juga warga masyarakat yang memanfaatkan bangunan dan Jalan Braga sebagai lokasi syuting untuk membuat film dan video klip, dan foto pra wedding.

Satu hal penting untuk menikmati jalan Braga adalah dengan berjalan kaki. Walaupun naik kendaraan pribadi, diparkir aja dan lakukan jalan dari ujung satu ke ujung yang lain jalan Braga. Bisa berfoto ria, bisa menikmati keasrian gedung-gedung tua, bisa merasakan life style masa lalu dan kini yang membuat kesan Kota Bandung yang asri dan indah terasa.

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...