Monday, March 28, 2011

Bandung

Bandung adalah ibu kota Propinsi Jawa Barat, yang terletak di bagian barat Pulau Jawa, dengan penduduk 7.4 juta jiwa pada tahun 2007, di ketinggian sekitar 768 m dari permukaan laut. Kota ini merupakan kota yang memiliki berbagai potensi luar biasa dan memiliki berbagai nama yang sangat terkenal, sehingga tidak salah disebut sebagai kota terkreatif di Asia Pasifik.

Dengan gerbang masuk melalui dua terminal besar Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang, juga melalui jalan propinsi menuju kota untuk kendaraan pribadi dan jalan toll, serta pelabuhan udara Husein Sastranegara, dan Kereta Api, kota ini menjadi kota yang banyak dikunjungi.

Bandung merupakan kota yang cukup banyak dikunjungi wisatawan baik dari luar negeri maupun dari Indonesia sendiri. Dalam dua tahun berturut-turut, Bandung melalui Wali kotanya Dada Rosada menerima penghargaan dalam bidang wisata dalam ruang lingkup nasional / Indonesia. Diantaranya peraih penghargaan pertama dibidang pariwisata "Indonesia Tourism Award (ITA)" untuk kategori The Best Most Favourite City and The Best Service City dari Kementerian Kebudayaan Pariwisata (02 Desember 2010). Peraih penghargaan dibidang kepedulian dan keberpihakan pada penyandang cacat berupa penghargaan Hari Internasional Penyandang Cacat (Hipenca) dari Kementerian Sosial RI (03 Desember 2010).

Berbagai tempat wisata di Bandung cukup banyak dikunjungi para wisatawan, termasuk lokasi-lokasi di sekitar Bandung, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Ciater Hotspring, Kawah Putih, Bandung Factory Outlet sebagai tempat shopping, Observatorium Bosscha Bandung, Curug Cimahi, Cibaduyut sebagai Cibaduyut Shoes Center yang merupakan tempat para pengrajin sepatu, Cihampelas yang dikenal dengan Cihampelas Jeans Street, dan banyak tempat lainnya.

Nama-Nama Bandung yang cukup dikenal
  1. Bandung Kota Pendidikan, banyak sekali perguruan tinggi di Bandung yang exist, dan tidak satu atau dua dari perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tidak jarang pendatang baik dari berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri menargetkan pendidikannya di Bandung ini, terutama untuk belajar di level universitas atau sarjana di berbagai Perguruan Tinggi di Bandung.
  2. Bandung kota Wisata, mengingat suhu atau temperatur di kota ini cukup sejuk selain penduduknya yang ramah dalam arti sebenarnya, sifat ini pun dapat digeneralisasi bagi penduduk asli Bandung yang dikenal dengan sunda. Disamping itu, banyak tempat wisata di Bandung yang menarik untuk dikunjungi.
  3. Bandung kota Industri, mengingat begitu banyaknya pabrik atau industri terkenal dunia terdapat di kota ini, terutama tekstil. Untuk mereka yang senang dengan fashion, Bandung merupakan surganya, karena banyak factory outlet di Bandung yang menjual produk pabrik tekstil terkenal dengan harga murah.
  4. Bandung kota makanan atau Bandung kota kuliner, berbagai jenis makanan Indonesia mauapun dunia dapat ditemukan di kota ini.
  5. Bandung kota fashion, sehingga sering disebut dengan paris van java, dan berbagai mode di Indonesia dapat dikatakan banyak muncul dari Bandung.
  6. Bandung kota Artis, sekitar 70% artis Indonesia berasal dari Bandung, paling tidak pernah tinggal atau kuliah di Bandung.
  7. Bandung Kota Taman
    Pada tahun 1936, Bandung dijuluki sebagai kota Taman, dikarenakan memiliki banyak taman/ lahan terbuka serta konsep kotanya juga mengacu pada konsep Kota Taman yang terdapat berbagai taman di Bandung.
  8. Bandung Kota Hijau.
    Selain konsep kota yang banyak ditempatkan taman-taman di kota ini, kota ini pun dikenal dengan Green City, atau kota hijau. Lihatlah beberapa jalan di Bandung ini ditumbuhi dengan pohon-pohon besar yang membuat kota ini menjadi hijau dan pengguna jalannya terlindung dari sengatan matahari.
  9. Bandung kota teknologi, tidak jarang teknologi canggih yang berasal di Indonesia berasal dari berbagai penelitian di Bandung, baik Teknologi Elektronika, Informatika, Penerbangan, Kedokteran, Robot, dll.
  10. Bandung kota kembang (flower city). Baik dalam arti sesungguhnya atau arti khiasan karena gadis dari Bandung cantik-cantik dan begitu juga dengan lelakinya yang cute.
  11. Bandung kota Terkretif di Asia Pasifik, seperti disebutkan oleh Perancis yang menjadikan kota ini sebagai prototype kota terkreatif di Asia Pasifik.
  12. Bandung Paris van Java. Bandung Paris van Java adalah paris yang ada di pulau jawa. Sebutan ini cukup dikenal di kalangan internasional, mungkin karena fashionnya, yang menyebabkan Bandung dikenal dengan parameter fashion di Indonesia.
  13. dan masih banyak lagi istilah untuk kota Bandung ini.
Keunikan Bandung
  1. Bandung Macet disaat Liburan.
    Sebagai daerah yang cukup banyak peminatnya, kota ini bisa dikatakan nyaris tak mampu menampung kendaraan pendatang yang hadir, terutama paa saat liburan tiba. Terutama di daerah-daerah favorit untuk dikunjungi wisatawan, seperti di daerah tempat Factory Outlet di Jalan Dago, Jalan Riau, Jalan Setiabudi. Kemudian daerah Kebun Binatang Bandung, Jalan menuju temopat Wisata lainnya di Bandung, seperti Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Jalan Cihampelas (dikenal dengan Jeans Street), Jalan Cibaduyut, dan seterusnya.
  2. Pasar Bandung tersusun tematik
    Inilah uniknya Bandung, daerahnya tersusun berdasarkan tematik, sebagai contoh misalnya penjualan sepatu dan fashion lainnya yang terbuat dari kulit, tidak susah mengingatnya, pasti di daerah cibaduyut, kita bisa menemukan para pedagang yang khusus menjual sesuatu berbahan dasar kulit. Selanjutnya Cihampelas yang daerah mengkhususkan penjualan pakaian berbahan dasar jeans, sehingga jalan ini pun disebut dengan jeans street. Lalu Factory outlet, bertempat di daerah Jalan Dago, Jalan Riau dan Jalan Setiabudi. Buku? satu pasar di Bandung khusus menjual buku-buku di sana, baik buku-buku lokal maupun buku dari luar negeri, dan masih banyak lagi yang lainnya, seperti elektronik di Bandung Electronic Center, dan Plasa Kosambi. Jual kain kiloan di Cigondewah. Dan seterusnya.
  3. Penduduk Bandung Kreatif
    Dalam berbagai even yang mengutamakan kreatifitas, kalau sudah disebut anak Bandung, percayalah, satu nilai plus sudah dia dapatkan. Berbagai kreatifitas mereka dapat diakui baik dari bidang teknologi, fashion, fotographer, modifikasi kendaraan bermotor, makanan, dan seterusnya. Bisa jadi, itulah yang membuat kota ini disebut sebagai kota terkretif di Asia Pasifik.
  4. Temperatur Bandung bersahabat
    Sebagai kota terbesar ke tiga di Indonesia (setelah Jakarta dan Surabaya), di bandingkan dengan kota besar lainnya di Indonesia, Bandung adalah kota yang sejuk, terletak di ketinggian sekitar 768 m dari permukaan laut. Rata-rata temperaturnya adalah di 23.6 Celcius.
  5. Banyak Tempat Wisata di Bandung
    Tidak sedikit tamu kami yang liburan di Bandung, terutama yang mengambil Bandung Tour Package menyatakan, meskipun 5 hari di Bandung, rasanya tidak cukup untuk menikmati semuanya. Begitu banyak tempat wisata di Bandung yang membuat pendatanganya menikmati keberadaannya di kota ini. Baik wisata makanan, wisata belanja, wisata alam, wisata pendidikan, wisata olah raga, maupun wisata lainnya.
  6. Bandung Surga Makanan
    Tertarik dengan berbagai makanan? Mungkin saja berbagai makanan tersebut ditemukan di Bandung ini. Baik makanan khas Bandung, makanan khas Indonesia, makanan khas negara tetangga (Malaysia, Thailand, dll.), makanan khas internasional? sama saja, bisa ditemukan banyak ragam makanan Internasional di Bandung. Bandung adalah kotanya makanan!
  7. Wanita dan Pria dari Bandung Cantik dan Ganteng
    Penduduknya yang cantik dan ganteng merupakan suatu daya tarik kota Bandung. Sehingga sebagai faktanya, tidak jarang artis Indonesia pun berasal dari kota ini. Kecantikan dan kegantengan mereka tidak hanya dalam bentuk, namun secara umum, mereka pun baik hati dalam bergaul.
  8. Penduduk Bandung Ramah dan Bersahabat
    Inilah kotanya, hampir dapat dikatakan menyeluruh, penduduk Bandung adalah penduduk yang ramah. Anda akan mudah menemukan senyuman dan sapaan mereka. Begitu juga menemukan kata "punten" artinya, "permisi", atau "excuse me", meskipun mereka adalah seorang preman. Ramah dan bersahabat ini bukanlah sebuah motto di Bandung, namun realisasi yang terjadi dikeseharian kota ini.
  9. Will back to Bandung
    Anehnya, tidak jarang kami menemukan, kalau seseorang datang ke Bandung, mereka ingin kembali lagi ke Bandung, itulah dalam pikiran mereka. Tidak jarang turis dari negara lain, yang menggunakan jasa kami, "I will back to Bandung soon" katanya. Kenyataannya, bahkan tidak jarang kami temukan mereka bisa datang ke Bandung hingga 4 kali dalam satu tahun, atau paling tidak satu kali setahun.
  10. Pemandangan Bandung yang Indah
    Bandung boleh dikatakan kota yang Indah. Jika anda pernah makan malam saat malam hari di salah satu kafe di Dago Hill, Mm~... Indahnya. Dari Dago Atas tersebut, akan terlihat keindahan Bandung malam hari. Begitu juga dengan siang hari, banyak tempat terlihat dan bisa dikomentari bahwa Bandung itu memang beda!
  11. Kota Bersejarah
    Dari sisi sejarah, Bandung merupakan kota yang cukup bersejarah, tidak hanya bagi Indonesia, namun di sisi Internasional pun demikian, pertama kali negara-negara di Asia Afrika berkumpul di Bandung ini, dan merekapun menyepakati deklarasinya. Bagi Indonesia pun demikian, Bandung banyak memiliki nilai historis bagi Indonesia.
  12. Hotel Lengkap
    Berbagai jenis hotel tersedia di Bandung ini. Namun jangan terlalu berharap banyak jika pergi ke Bandung bisa mendapatkan hotel dengan mudah. Khusus pada saat liburan, susah mendapatkan hotel di sini. Pengalaman kami dalam menjual layanan booking hotel di Bandung, saat liburan, hotel di Bandung padat dan fullybooked. Bahkan dalam sebuah berita di media cetak terkenal di Bandung, pejabat tinggi yang tadinya menganggap enteng tentang Bandung, terpaksa harus kembali ke Jakarta karena tidak dapat hotel.
  13. Banjir
    Inilah salah satu sisi lain dari kota Bandung, terutama di daerah Bandung selatan, beberapa daerahnya masih saja diisi dengan musim banjir ketika hujan tiba.

3 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...