Friday, February 25, 2011

Gedung Sate Bandung

Pada awalnya tidak satu dua tamu Bandung tour dari Jacktour.com yang berfikir bahwa Gedung sate adalah gedung yang ada kaitannya dengan penjualan sate. Namun setelah diterangkan, Gedung sate adalah salah satu Icon Bandung dengan gedung yang dipuncak menara sentralnya ada ornamen sate, setelah mengetahui Gedung yang pernah ditulis sebagai bangunan terindah di Indonesia ini demikian, maka mereka pun tersenyum. Gedung Sate adalah Gedung Pemerintahan Propinsi Jawa Barat, tempat Sang Gubernur dan jajarannya bekerja.

LOKASI GEDUNG SATE

Di Bandung, menemukan Gedung Sate tidaklah terlalu sulit, apalagi jika anda ingin melawat dan mengambil kenangan foto di sekitar gedung ini. Mengingat, Gedung Sate terletak sangat dekat dengan tempat wisata di bandung yang cukup favorit bagi para pelancong, seperti Taman Lansia Bandung dan Musium Geologi Bandung persis di sebelah barat gedung ini.

Lalu Factory Outlets jalan Riau tidak jauh di belakangnya, dan Factory Outlets Jalan Dago tidak jauh di sebelah Timur gedung ini.

GEDUNG SATE BANGUNAN TERINDAH DI INDONESIA

Bangunan yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini dibangun pada tahun 27 Juli 1920 dan selesai 1924, masih pada zaman Hindia Belanda. Gedung sate yang merupakan bangunan monumental ini berdiri dengan anggun dengan gaya arsitektur unik mengarah kepada bentuk arsitektur Indo-Eropa. Dalam salah satu buku yang ditulis oleh D. Ruhl (1952) menyebutkan bahwa Gedung sate adalah bangunan terindah di Indonesia.

Disamping Gedung sate yang menawan ini, terdapat gedung untuk para pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dibangun 1927.

Hampir dipastikan para tourist yang datang ke Bandung, baik lokal maupun luar negeri jarang yang tidak mengunjungi Gedung hasil penggabungan berbagai arsitektur Italia, Meru, dan Pagoda, Candi Borobudur, dan ciri khas Jawa Barat itu sendiri.

Gedung yang menghadap utara atau persis menghadap ke Gunung Tangkubang Perahu dan Monumen Perjuangan Jawa Barat ini, di depannya terdapat sebuah lapangan olah raga yang indah, yaitu Gasebu, yang terkenal dengan kegiatan Gasebu Sunday Morning activity-nya. Dibelakang gedung ini terdapat Taman Gedung Sate yang cukup luas dan membuat gedung itu terlihat semakin indah.

KEGIATAN DI SEKITAR GEDUNG SATE

Khusus di hari minggu pagi, lingkungan halaman Gedung Sate sering dijadikan pilihan tempat sebagian besar masyarakat untuk bersantai, sekedar duduk-duduk menikmati udara segar kota Bandung atau berolahraga ringan. Bahkan kesibukan yang terjadi disekitar Gedung sate boleh dikatakan cukup pada mulai dari Minggu malam hinggu minggu pagi.

Jika anda sedang berada di Bandung pada masa Minggu malam dan minggu pagi, tidak ada salahnya melihat aktifitas yang ada di sana, mulai dari hanya sekedar ikut berkumpul menikmati makanan yang banyak dijual di sana, juga untuk berbelanja fashion dengan harga murah yang dijual oleh pedagang kaki lima, jika anda beruntung, bisa saja menikmati berbagai kegiatan musik yang sering dilaksanakan oleh berbagai event organizer besar maupun televisi nasional secara gratis :)

Dalam penyusunan Bandung tour package yang dikolola oleh Jacktour.com, Gedung sate ini merupakan salah satu tempat yang cukup favorit dikunjungi oleh para tamu yang datang dari luar kota Bandung.

6 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...